Headlines News :
Home » , , » UN Bisa Berubah jika Kurikulum Baru Dimulai

UN Bisa Berubah jika Kurikulum Baru Dimulai

Written By agus setiawan on Sabtu, 11 Mei 2013 | 12.08

Kacau-balaunya Ujian Nasional (UN) pada tahun ini menimbulkan banyak permintaan agar UN tak lagi dijadikan alat evaluasi. Namun, hal itu urung terjadi selama kurikulum baru yang tengah digagaskan tidak segera dijalankan.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim mengatakan bahwa evaluasi terhadap siswa bisa saja berubah. Namun, apabila Kurikulum 2013 yang memiliki metode pendekatan baru ini tidak dilaksanakan maka evaluasi siswa secara nasional tetap akan menggunakan UN.
"Kalau kurikulum dijalankan maka evaluasi bisa berbeda karena menyesuaikan dengan metode pendekatannya," ujar Musliar di Jakarta, Rabu (8/5/2013).

Menurutnya, evaluasi siswa tidak bisa hanya didasarkan pada penilaian guru dan sekolah. Penilaian dengan menggunakan standar nasional tetap harus dilakukan sebagai salah satu instrumen evaluasi sehingga dapat dipetakan kualitas pendidikan dari tiap daerah.

"Bagaimana agar standar nasional tercapai, itu yang terus kami upayakan. Bukan hanya penilaian guru saja," jelas Musliar.

Selanjutnya, ia mengatakan bahwa pihak kementerian akan segera menyusun standar evaluasi yang pasti sehingga dapat diputuskan bagaimana nasib UN ke depannya. Tidak hanya itu, pihaknya juga akan mempertimbangkan bagaimana syarat penerimaan untuk jenjang sebelumnya.

"Kami akan susun standar evaluasi yang pasti untuk itu. Untuk masuk SMP, penerimaan pakai hasil UN atau tes, itu juga akan dibicarakan," tandasnya.

Sumber
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Tentang Ku

Tujuh hal yang akan menghancurkan kita; kekayaan tanpa kerja, pengetahuan tanpa kerja, bisnis tanpa moralitas, ilmu pengetahuan tanpa kemanusiaan, ibadah tanpa pengorbanan, politik tanpa prinsip.

Entri Populer

Recent Post

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Catatan Sugasetya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger