Jika
Anda merasa gaptek soal komputer, jangan kuatir. Bukan Anda saja yang merasa
demikian. Jim Cartlon, seorang jurnalis Wall Street Journal, baru-baru ini
mengumpulkan keluhan dari para konsumen komputer Amerika. Dan ternyata keluhan
mereka jauh lebih “idiot” daripada yang kita kira. Berikut petikan keluhan2
konsumen yang super konyol & “super moron” itu :
1.
Compaq
pernah mempertimbangkan untuk mengubah perintah “Press ANY Key” menjadi
“Press ENTER Key” dikarenakan banyaknya telefon yang
menanyakan letak tombol “ANY” di keyboard.
2.
AST
Technical Support menerima laporan konsumen karena kesulitan menggunakan mouse.
Saat Techinal Support berkunjung, mereka menemukan
mouse tersebut tidak bisa digunakan… karena masih terbungkus
rapi di dalam plastiknya. Penggunanya (seorang wanita) punya phobia (ketakutan)
pada mouse (tikus) sehingga tidak berani
mengeluarkannya dari dalam plastik.
3.
Di
tahun 1980-an, ketika disket masih berukuran besar, teknisi Compaq pernah menerima
keluhan seorang konsumen yang disketnya tidak terbaca
oleh drive-disk komputer. Setelah diselidiki, ternyata konsumen itu sebelumnya
memasukkan disket ke dalam mesin tik dan mengetikkan label yang tertempel di
disket itu.
4.
Sebuah
keluhan lain dari konsumen AST yang mengatakan disket mereka terkena virus yang
sulit dibersihkan. Petugas AST meminta orang itu mengirimkan kopi disket
yang terinfeksi itu untuk dipelajari. Beberapa hari kemudian, petugas AST
menerima foto kopi disket dari konsumen tersebut.
5.
Seorang
konsumen DELL mengeluhkan kalau dia tidak dapat mengirimkan fax via komputer.
Setelah diarahkan selama 40 menit lewat telepon, petugas DELL menemukan
kalau konsumen itu mencoba mengefax via komputer dengan cara menempelkan
kertas yang akan di fax di depan monitor.
6.
Seorang
konsumen DELL lain mengeluh karena keyboard yang digunakannya sudah tidak bisa
berfungsi sejak dibersihkan. Ketika ditanya caranya membersihkan keyboard,
dia menjelaskan, “Saya mencuci dan menggosok semua bagian keyboard dengan
sabun, lalu membilasnya dengan air, dan menjemurnya. “
7.
Seorang
konsumen DELL marah besar karena tidak bisa menyalakan komputer yang baru
dibelinya. “Semua sudah terpasang dengan baik. Tapi setiap kali saya tekan
pedal kaki , tidak terjadi apa-apa.” Setelah diselidiki ternyata “pedal
kaki” yang dimaksud orang itu adalah : mouse
8.
Seorang
lagi konsumen DELL marah besar karena komputer barunya tidak nyala. Dia
menjelaskan semua sudah terpasang dengan benar, dan ketika dia menunggu selama
20 menit, tidak terjadi apa-apa pada komputernya. Ketika teknisi DELL
menanyakan apakah “power switch” sudah dinyalakan, dia balik bertanya,
“Power switch apa?”
9.
Berikut
adalah tanya-jawab antara petugas Novell NetWire dengan seorang konsumen :
Penelepon : Hallo, dengan Tech
Support?
Novell : Ya, bisa dibantu?
Penelepon : Tatakan gelas di PC saya
patah. Apa mungkin saya bisa menggantinya?
Novell : Tatakan gelas ? Apakah itu
hadiah saat Anda membeli komputer?
Penelepon : Tidak. Tatakan gelas ini
sudah ada di komputer saya. Dan ketika saya meletakkan gelas saya di atasnya,
tatakan itu patah. Yang saya ketahui, di bagian depan tatakan itu ada tulisan
“CD-ROM, 16X”.
(Saat itu juga, petugas Novell langsung mematikan telepon
dan tertawa terpingkal-pingkal. ..)
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !