Headlines News :
Home » , , » Ingin Lebih Berkonsentrasi? Kunyahlah Permen Karet

Ingin Lebih Berkonsentrasi? Kunyahlah Permen Karet

Written By catatan-sugasetya on Kamis, 11 April 2013 | 10.26

Apa yang biasa Anda gunakan untuk meningkatkan konsentrasi? Umumnya orang mengonsumsi kopi, suplemen herbal seperti ginkgo biloba, meditasi, atau tidur untuk membantu mereka meningkatkan konsentrasi. Namun kini ada cara baru yang cukup unik dan relatif mudah. Kunyahlah permen karet!

 


Studi para ahli dari University of Cardiff menunjukkan, mengunyah permen karet dapat dijadikan alternatif untuk memperbaiki konsentrasi, terutama saat sedang mengerjakan tugas yang bersifat konstan dan dalam waktu lama.

"Penelitian sebelumnya sudah menunjukkan bahwa mengunyah permen karet memberikan keuntungan dalam kognitif seseorang. Dalam studi ini, kami memfokuskan pada tugas pendengaran yang melibatkan memori jangka pendek," ujar Kate Morgan, penulis studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Psychology ini.

Para peneliti membagi 38 orang peserta ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama diperbolehkan untuk mengunyah permen karet dan kelompok lainnya tidak. Selama setengah jam, dibacakan dengan keras angka 1 sampai 9. Para peserta diminta mencatat apabila ada kombinasi angka tertentu, seperti 5-8-1.

Para peserta yang tidak mengunyah permen karet memulai tes lebih baik daripada mereka yang tidak. Menariknya, para peneliti menemukan bahwa selanjutnya, peserta yang mengunyah permen karet lah yang mengakhiri tes dengan jawaban yang lebih akurat, serta respon yang lebih cepat.

"Menariknya, peserta yang tidak mengunyah permen karet meskipun lebih baik di awal tes, tetapi di akhir tes justru dikalahkan oleh peserta yang mengunyah permen karet," ujar Morgan dalam rilis berita.

"Hal ini menunjukkan bahwa permen karet dapat membantu untuk fokus pada tugas yang berlangsung dalam waktu yang lama," simpulnya.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Tentang Ku

Tujuh hal yang akan menghancurkan kita; kekayaan tanpa kerja, pengetahuan tanpa kerja, bisnis tanpa moralitas, ilmu pengetahuan tanpa kemanusiaan, ibadah tanpa pengorbanan, politik tanpa prinsip.

Entri Populer

Recent Post

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Catatan Sugasetya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger